Tips Liburan Hemat di Australia

Jika liburan di luar negeri,pasti yang terpikirkan pertama kali adalah soal biaya hidup. Apa lagi berlibur di beberapa negara yang sudah terlihat maju akan transportasinya. Seperti halnya di negara Australia.

Mulai dari tiket,mengurus visa atau izin,cari penginapan,serta tempat untuk makan.

Namun jangan khawatir, dengan beberapa tips di bawah ini dijamin liburan Anda ke negeri kanguru akan tetap menyenangkan dengan budget yang minim

1. Tiket Pesawat

Rencanakan perjalanan Anda dari jauh-jauh hari sehingga memudahkan Anda untuk mencari tiket-tiket promo yang tersedia.

Selain mendapat tiket pesawat promo, Anda juga dapat mempersiapakan rencana liburan Anda secara matang di negeri Kanguru

2. Visa

Mengurus Visa Australia tidak sesusah yang Anda pikirkan. Namun yang terpenting  adalah mempersiapkan segala persyaratan Visa Anda dengan lengkap.

Jika beruntung, Anda bisa saja mendapatkan multiple entry yang berlaku selama 3 tahun. Jadi tidak perlu repot-repot mengurus visa lagi jika ingin kembali ke Australia.

3. Akomodasi

Carilah tempat akomodasi yang dekat dengan pusat keramaian sehingga memudahkan Anda untuk menjangkau transportasi. Untuk medapatkan harga penginapan yang murah, Anda bisa menemukan beberapa varian hostel yang menyediakan jenis dorm dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Makan

Untuk biaya  hidup di Australia bisa dikatakan cukup mahal. Bagaimana tidak? Jika Anda memutuskan untuk makan di restoran sekitar, kira-kira biaya yang perlu Anda keluarkan sekitar 12 dollar Australia hingga 25 dollar Australia atau sekitar Rp 120.000 hingga Rp 250.000 per orang. Tentu biaya yang dikeluarkan cukup banyak hanya untuk sekali makan.

Maka dari itu ada baiknya jika anda memasak bekal Anda sendiri sehingga mengurangi biaya konsumsi Anda di luar.

Anda bisa membeli daging mentah, sayur mayur hingga makanan siap saji di supermarket terdekat dengan harga yang tentu jauh lebih murah.  Untuk bumbu, biasanya sudah disediakan beserta alat masaknya sehingga Anda tinggal memasak.

5. Air Minum

Air kemasan di Australia cukup mahal. Untuk botol berukuran 600 ml dapat dihargai 2-3 dollar Australia atau sekitar Rp 20.000-30.000. Untuk itu dengan membawa botol minum sendiri Anda bisa mengurangi biaya minum karena di Australia sendiri Anda dapat langsung minum dari air kran dan yang terpenting tidak dipungut biaya sepeser pun.

6. Transportasi

Transportasi di Australia sudah sangat efisien dan teratur sehingga memudahkan Anda yang ingin keliling kota hanya dengan mengandalkan transportasi umum. Mulai dari kereta hingga bus umum tersedia di setiap kota.

Untuk bus keliling kota, Anda bisa menggunakan City Circle Tram untuk daerah Melbourne dan Cat Bus untuk daerah Perth.

Mengenai biaya, kedua bus tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Namun yang harus Anda perhatikan jika menggunakan transpotasi umum adalah jam operasionalnya.

7. Obyek Wisata

Di Australia, obyek wisata gratis akan banyak Anda temui. Mulai dari taman hingga pantai bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk Anda menghabiskan waktu liburan.

Untuk di daerah Melbourne sendiri anda dapat mengunjungi ACMI (Australian Centre for the Moving Image) atau Royal Botanic Gardens. Jika Anda bermain ke daerah Barat Australia, anda dapat mengunjungi Kings Park, Sungai Swan hingga pantai Cottesloe.

Untuk info lebih detail,sebaiknya baca dari situs berikut disini . Agar liburanmu semakin menyenangkan dan tidak terkendala.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *